Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Cara Menghemat RAM

Cara Menghemat RAM adalah hal yang akan kita bahas kali ini karena dengan New Trik Tips Komputer tentang Cara Menghemat RAM akan membantu anda yang mempunyai Ram yang kecil dapat memaksimalkannya, sehingga membuat kinerja komputernya menjadi maksimal. Di dalam pc terdapat service-service atau layanan-layanan yang aktif. service-service ini tidak hanya berasal dari windows tetapi bisa berasal dari program-program lain yang anda install ke dalam sistem operari ini.
Semakin banyak rervice yang aktif maka RAM anda akan semakin terbebani, sehingga ruang kosong dalam RAM akan semakin berkurang. Jika rudah demikian kinerja komputer anda akan semakin berkurang. Jika sudah demikian kinerja komputer anda akan semakin berat dan melambat apalagi bagi anda yang memiliki kapasitar RAM kecil. 

Anda dapat mengetahui seberapa besar RAM anda terbebani, caranya: klik kanan taskbar kemudian pili tark manager atau anda dapat menekan kombinasi tombol CTRL+ALT+DEL, maka akan muncul jendela tark manager, pada jendela task manager klik tab performance dan lihat pada bagian PF usage. Angka yang tertera di situ merupakan jumlah kapasitar minimal yang harus mi sediakan untuk komputer anda.


Nah sekarang misalkan PF usage anda mencapai angka 170 sedangkan RAM anda hanya berkapasitas 128 MB maka anda ngutang 42 MB yang akan dibebankan kepada VGA atau HARDDISK, nah jika sudah demikian komputer anda akan menjadi sangat lamban dan kurng responsive.
Anda bisa mengetahui service-service apa saja yang bekerja di sistem operasi anda, serta service apa saja yang paling banyak membebani dan paling banyak menakan kapasitar RAM anda.
Tapi sebelumny coba klik tab process pada task manager, disitu ditampilkan daftar proses yang sedang dijalankan oleh windows.

Sekarang perhatikan , proses mana yang paling baynak membebani computer anda? Jika terdapat beberapa proses dengan nama svchost.exe, proses-proses tersebut memang memiliki nama yang sama tetapi mereka (svchost.exe) menjalankan program yang berbeda-beda.
svchost.exe bertugas menjalankan file extensi .dll/. dari task manager saja, kita belum bisa mengetahui file .dll yang dijalankan oleh masing-masing proses svchost.exe tersebut. Untuk mengetahuinya, anda perlu mengetahui process identifier (PID) dari service-service tersebut.
Untuk mengetahui PID dari service-service yang sedang berjalan pada windows klik lah tab processes kemudian klik menu view dan pilih select column. Akan muncul menu pop up select column, tandai pilihan PID (process identifier) pada jendela select column
Jika sudah klik OK. Sekarang perhatikan jendela processes pada task manager anda. Disitu akan bertambah satu kolom yaitu kolom PID.
Lalu apa gunanya kolom PID ini? Kolom ini merupakan identitas bagi service-service yang sedang di jalankan oleh windows. Untuk mengetahui file-file apa saja yang sedang dieksekusi oleh service-service tersebut, bukalah DOS prompt anda melalui menu start → all program → accessories → command prompt atau ketikan cmd pada menu run windows anda. 





Pada jendela DOS prompt ketikan perintah “tasklist /svc”. Setelah itu tekan tombol enter keyboard anda, yang akan memunculkan data berikut ini pada jendela DOS prompt anda.
Sekarang perhatikan PID yang terdapat pada DOS prompt dengan PID yang terdapat di task manager.
Sebagai contoh kita ambil satu proses service yaitu scvhost.exe. pada task manager, terdapat banyak service dengan nama scvhost.exe namun seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya walaupun namanya sama tetapi proses yang dikerjakannya berbeda.
Coba anda cari service scvhost.exe yang memiliki kapasitas memory usage besar (lihat pada column mem usage) kemudian lihat PID-nya. Untuk mengetahui file-file apa saja yang dijalankan nya, anda dapat melihatnya pada jendela DOS prompt. Cari PID yang sama dengan yang anda lihat di jendela task manager.
Sebagai contoh : misalnya service dengan kapasitas memory terbesar terdapat pada scvhost.exe dengan PID 1060. Proses apa saja yang dijalankan oleh scvhost.exe dengan PID 1060 tersebut?
Anda dapat melihat pada jendela DOS prompt.cari service scvhost.exe dengan nomer PID yang sama yaitu 1060. Jika sudah ketemu, lihat pada kolom service, disitu tertera proses apa saja yang sedang dijalankan.


Nah sekarang kita sudah mengetahui proses apa saja yang di lakukan oleh scvhost.exe dengan nomer 1060. Ternyata service ini dijalankan proses yang berkaitan dengan themes, sound, log on dsb.
Lalu apa gunanya anda mengetahui semua ini?
Dengan anda mengetahui proses-proses apa saja yang dijalankan oleh service-service yang terdapat pada task manager, anda dapat mengetahui service mana yang menghambat dan menghabiskan banyak memory RAM anda. Jika sekitarnya proses-proses yang dijalankan oleh suatu servicetidak begitu penting, anda dapat mematikan service tersebut sehingga anda dapat menghemat kapasitas RAM anda.
Sebagai contoh kasus ada beberapa virus computer yang memasukan dirinya ke dalam service dalam system operasi. Anda dapat melacaknya lewat cara di atas, jika anda menemukan service asing dengan kapasitas yang sangat besar anda patut curiga terhadap service tersebut.
Untuk mematikan proses yang ada di daftar proses task manager anda tinggal mengklik kalan proses yang akan anda matikan kemudian pilih end proses.
Cara ini merupakan cara yang ampuh untuk mematikan sebuah proses secara paksa. Misalnya saat anda menjalankan suatu program, program tersebut mengalami crash atau hang sehingga anda tidak dapat menutup program tersebut hanya dengan menekan tombol close, jika sudah begini anda dapat menutup program tersebut lewat task manager.
Misalnya saat anda menjalankan program msword tiba-tiba program anda mengalami crash atau hang sehingga anda tidak dapat menutup program Ms Word tersebut hanya dengan menekan tombol close. Jika hal ini terjadi buka task manager kemudian klik menu processes, cari proses yang di jalankan msword yaitu windword.exe, klik kanan proses tersebut kemudian pilih end process, maka program msword anda akan ditutup dengan paksa.
Saat computer anda hang karena kelebihan beban memory, anda dapat memanggil task manager degan cara menekan kombinasi tombol ctrl+alt+del, kemudian lihat tab processes dan matikan beberapa proses atau apilkasi yang menyebabkan computer hang.



<div style="background-color: none transparent;"><a href="http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget" title="News Widget">News Widget</a></div>

Related Post:

4komentar:

Poskan Komentar